PURBALINGGA, INFO – Indeks Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) Kabupaten Purbalingga tahun 2023 lalu berhasil menduduki peringkat 6 tingkat Provinsi Jawa Tengah. Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Dinkominfo) Kabupaten Purbalingga saat apel kerja di halaman Kantor Dinkominfo, Senin (15/1).

Jiah mengatakan untuk tahun 2023 berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) RI Nomor 13 Tahun 2024 tentang Hasil Evaluasi SPBE Pada Instansi Pusat dan Pemerintah Daerah Tahun 2023, Kabupaten Purbalingga berhasil meraih nilai 3,83. Nilai tersebut naik dari tahun 2022 sebesar 3,2.

“Alhamdulillah ini di luar ekspektasi kita, saat ini berada di posisi ke-6 se-Jateng dan posisi pertama se-Eks Karesidenan Banyumas,” ujarnya.

Jiah melanjutkan, secara berurutan 6 besar kabupaten/ kota dengan Raihan indeks SPBE tertinggi adalah Kabupaten Sukoharjo (4,35), Kabupaten Sragen (4,26), Kabupaten Kudus (4,23), Kabupaten Wonogiri (3,94), Kota Semarang (3,89), dan Kabupaten Purbalingga (3,83). Sementara predikat yang didapat Kabupaten Purbalingga adalah Sangat Baik, satu tingkat dari predikat teratas yakni Memuaskan.

Sementara itu, Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Purbalingga, Herni Sulasti mengapresiasi kinerja khususnya Dinkominfo atas capaian prestasi tersebut. Senada, Bupati Purbalingga, Dyah Hayuning Pratiwi juga memberikan selamat kepada jajaran pejabat dan staf Dinkominfo atas prestasi yang telah diraih.

“Alhamdulillah, luar biasa. Dipertahankan kinerja yang sudah baik selama ini,” pungkasnya. (fph/kominfo)