DOMAIN 3. MANAJEMEN SPBE. ASPEK 5 – PENERAPAN MANAJEMEN SPBE – Indikator 28 : Tingkat kematangan penerapan manajemen Layanan SPBE.

Manajemen Layanan SPBE belum atau telah dilaksanakan.
Kondisi: Manajemen Layanan SPBE dilaksanakan tanpa perencanaan.

  • Level 1 Belum ada kegiatan, atau kegiatan diselenggarakan secara adhoc.
  • Level 2, Kriteria tingkat 1 telah terpenuhi dan Manajemen Layanan SPBE dilaksanakan dengan perencanaan. Kondisi: Manajemen Layanan SPBE dilaksanakan pada sebagian proses Manajemen Layanan SPBE (Pelayanan Pengguna SPBE dan Pengoperasian Layanan SPBE). Data dukung : • Adanya renja terkait manajemen layanan SPBE dan output kegiatan.
  • Level 3, Kriteria tingkat 2 telah terpenuhi dan Manajemen Layanan SPBE dilaksanakan pada semua proses Manajemen Layanan SPBE (Pelayanan Pengguna SPBE dan Pengoperasian Layanan SPBE). Data dukung : • Adanya prosedur formal manajemen layanan yang mencakup SEMUA proses manajemen layanan.
  • Level 4, Kriteria tingkat 3 telah terpenuhi, Manajemen Layanan SPBE telah diterapkan dengan menggunakan sistem aplikasi manajemen layanan, dan kegiatan Manajemen Layanan SPBE telah dilakukan reviu dan evaluasi. Data dukung : • Adanya aplikasi Helpdesk TIK yang digunakan (manual/screenshot/video), • Notulensi rapat/laporan evaluasi manajemen layanan.
  • Level 5, Kriteria tingkat 4 telah terpenuhi serta hasil reviu dan evaluasi telah ditindaklanjuti melalui perbaikan Manajemen Layanan SPBE. Data dukung : • Hasil/rapat tindak lanjut laporan evaluasi manajemen layanan SPBE (termasuk aplikasinya).

Untuk meningkatan kualitas Layanan SPBE, DINKOMINFO Kabupaten Purbalingga sebagai OPD penyelenggara layanan komunikasi dan informatika melaksanakan strategi dan kegiatan diantaranya :

  1. Survei Penggunaan SPBE; https://dinkominfo.purbalinggakab.go.id/category/survey/
  2. Portal layanan kominfo dengan URL https://layanankominfo.purbalinggakab.go.id/
  3. Portal layanan antrian aplikasi https://dilan.purbalinggakab.go.id/


Kegiatan tersebut dimaksudkan untuk memberikan kemudahan dalam memberikan layanan secara tepat guna dan tepat sasaran.

Berikut ini screen shoot tampilan portal Layanan kominfo https://layanankominfo.purbalinggakab.go.id/

Penyelenggaraan Layanan komunikasi dan informatika lainnya adalah :

Permohonan Sub Domain atau permohonan pembuatan aplikasi, dengan SOP yang dapat dilihat disini

Beberapa permohonan yang sudah masuk ke Dinkominfo :

Pendaftaran nama domain SIGIBANGGA dan SIPINTAS dari DPMPTSP Kab. Purbalingga

Surat Pendafataran Domain

yang sudah masuk ke dalam antrian Digital Pelayanan Antrian Aplikasi

Pendaftaran Pembuatan Sub Domain JDI Hukum dari Sekretariat Dewan Perwakilan Daerah Kabupaten Purbalingg

Surat Permohonan

yang sudah masuk ke dalam antrian Digital Pelayanan Antrian Aplikasi

Permohonan Pengembangan Aplikasi e-Kepegawaian

Surat Permohonan

yang sudah masuk ke dalam antrian Digital Pelayanan Antrian Aplikasi