PURBALINGGA – Dalam rangka penyelenggaraan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) yang memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi, Dinas Komunikasi Dan Informatika (Dinkominfo) Purbalingga melakukan rapat koordinasi dengan para OPD terkait pada hari Rabu (1/3), bertempat di aula kantor Dinkominfo.

Salah satu indikator manajemen pada SPBE adalah penerapan manajemen perubahan. Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Dinkominfo Purbalingga, Jiah Palupi Twihantarti ketika membuka rakor manajemen perubahan.

“Nilai SPBE sebelumnya adalah 3.2 dan targetnya bisa menjadi 3.5. Mudah-mudahan target tersebut bisa diraih dengan adanya koordinasi dan sinergitas dari seluruh pihak,” ujarnya.

Ia menambahkan, nilai manajemen perubahan sendiri saat ini berada di level 3 dan ditargetkan bisa meningkat menjadi level 4, atau bahkan ke level 5. Untuk memperoleh raihan nilai tersebut, Ia juga mempersilahkan dengan tangan terbuka bagi setiap OPD yang ingin sharing terkait dengan pelaksanaan SPBE.

Di samping itu, Kepala Bidang Informatika Dinkominfo Purbalingga, Baryati (Ibar) menjelaskan secara rinci terkait penyusunan dokumen manajemen perubahan.

“Penerapan manajemen perubahan sesuai dengan dasar hukum Permenpan RB Nomor 10 Tahun 2011 tentang pedoman pelaksanaan program manajemen perubahan,” jelasnya.

Dalam paparannya, Ibar menambahkan terdapat tahapan perubahan yang dimulai dari tahap perumusan rencana manajemen perubahan, dilanjutkan dengan tahap melaksanakan perubahan, dan akhirnya memperkuat hasil perubahan dengan mengumpulkan umpan balik untuk dianalisis, serta mengukur tingkat keberhasilan manajemen perubahan.

“Dengan adanya koordinasi kali ini, kami harap manajemen perubahan bisa diterapkan dengan baik sehingga raihan nilai SPBE bisa terus meningkat,” pungkasnya. (GIN/Kominfo)