PURBALINGGA, INFO- Dinas Komunikasi dan Informatika (Dinkominfo) Kabupaten Purbalingga menjajaki kerjasama untuk mengembangkan infrastruktur digital dengan dunia kampus. Hal tersebut terpantau dari koordinasi antara Dinkominfo Purbalingga dengan akademisi dari Institut Teknologi Telkom Purwokerto dan dari Telkom University Bandung, Rabu (27/4/2022) di aula Dinkominfo Purbalingga.

Kepala Dinkominfo Purbalingga, Jiah Palupi Twihantarti dalam sambutannya mengatakan, penjajakan kerjasama dengan kampus adalah tindak lanjut dari komunikasi yang telah terjalin beberapa waktu lalu. Menurutnya, antara Pemkab Purbalingga dan juga akademisi harus tercipta hubungan dan komunikasi dua arah yang menguntungkan satu sama lain.

“Kami membutuhkan dunia kampus sebagai pendamping kegiatan dan program kami sedangkan kampus membutuhkan kami untuk hal yang menguntungkan pula,” katanya.

Kaprodi S1 teknik komputer Telkom University Bandung, Umar Ali Ahmad yang hadir dalam kesempatan menyampaikan bahwa pihaknya sering mendampingi pemerintah daerah khususnya dalam kegiatan SPBE (Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik). Dalam hal ini, mereka para akademisi akan mendampingi Pemkab Purbalingga hingga minimal meraih predikat baik untuk kegiatan SPBE yang diasses oleh Kemenpan RB.

“Kami akan mendampingi Purbalingga minimal sampai SPBEnya dapat predikat Baik,” katanya.

Dia menambahkan, Purbalingga memiliki potensi untuk meraih predikat Baik. Pemahaman Purbalingga khususnya Dinkominfo Purbalingga dalam menginterpretasi dan merancang menuju predikat Baik sudah terlihat. Dia menyarankan agar koordinasi antar OPD semakin diperkuat karena Dinkominfo tidak bisa bekerja sendiri dalam mewujudkan SPBE yang diharapkan.

“Koordinasi dengan lintas instansi harus lebih diperkuat karena Dinkominfo tidak bisa bekerja sendiri,” pungkasnya. (LL/Kominfo)